Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Tiga Strategi Pengembangan BUM-Desa

Strategi Pengembangan BUM-Desa, Merupakan konsep dasar dalam pengelolaan BUM-Desa agar berjalan sesuai dengan harapan pemerintahan Desa dalam rangka pengembangan ekonomi rakyat.
Secara umum strategi pengembangan BUM-Desa dapat dilakukan melalui tiga skema berikut ini :
  1. strategi replika. Skema ini memiliki arti bahwa strategi pengembangan yang pernah berhasil (succes stoary) diimplementasikan BUM-Desa akan digunakan sebagai konep pemberdayaan BUM-Desa lainya. Strategi ini menempatkan partisipasi oleh masyarakat Desa sebagai aktor yang paling penting. dikarenakan kesadaran dan rasa memeiliki (sense of belonging) BUM-Desa dari masyarakat itu sendirilah yang dapat membantu tumbuh kembangnya BUM-Desa tersebut;
  2. Strategi Linkage Strategy. Maksudnya, pengembangan dilakukan satu lini dengan pembangunan Desa tetangga, sama halnya dengan strategi replikasi, Desa bukan bagian keseluruhan dari wilayah pemerintah daerah. oleh karena itu, penghubung strategi itu bukan hanya lintas pemerintah Desa tetapi juga masih dalam lingkup satu pemerintahan daerah. secara umum, Linkage strategy di Desa-Desa tetangga lebih mudah dilakukan, karena kemauan politik yang lebih mudah untuk diakomodasi.Misalnya, jika pembangunan di Desa menempatkanintensifikasi penangkapan tertentu, maka daerah lain di wilayah pemerintah daerah yang sama harus disiapkan pasar yang memadai. dengan begitu, setiap penawaran barang yang muncul akan langsung diterima oleh pasar.
  3. Strategi otonomi. dalam beberapa hala, pemerintah Desa memiliki sumberdaya yang memadai untuk dimaksimalkan. namun, dalam implementasinya sember daya yang ada tersebut belum digali secara maksimal, sehingga berbagai potensi yang seharusnya bisahadir belum menyeruak. ini isa terjadi karena selain regulasi yang ada memberikan kewenagan bagi pemerintah Desa untuk memaksimalkan potensi yangada, juga disebabkan semmangat desentralisasi memberikan pondasi bagi pemerintahan desa untuk berlomba menjadi lebih baik dari wilayah lain. Makna lain dari strategi ini adalah pembangunan hanya cocok dilakukan apabila suatu desa memiliki infrastruktur ekonomi, sosial dan politik yang memadai sehingga secara mandiri dapat melakukan proses pembanguna tanpa harus melakukan replikasi maupun keterkaitan dengan desa lain
Itulah ketiga Strategi pengembangan BUM-Desa yang perlu diketahui sebagai acuan dalam menjalankan / Mengelola Badan Usaha milik Desa agar sesuai dengan harapana pemerintah dan bisa memanpaatkan berbagai lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan BUM-Desa tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tiga Strategi Pengembangan BUM-Desa"

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete